Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah :
Tema : Tempat Umum
Kelas/Semester : II / 1
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn
- Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS
·
Memahami
peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3. IPA
·
Mengenal bagian –bagian utama
tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
4. Matematika
· Melakukan
penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami
teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, persaan,
dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan
bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca
·
Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
·
Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi
cerita dan dikte.
6. Seni Budaya Keterampilan
- Seni Musik : Mengekpresikan diri melalui karya seni musik.
- Keterampilan : Menerapkan teknologi sedrehana dalam keterampilan.
Kompetensi
Dasar :
1. PKn
·
Melaksanakan
hidup rukun saling berbagi dan tolong
menolong di rumah dan di sekolah.
2. IPS
- Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
.3.
IPA
·
Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup ( air,
tanah, dan tempat lainnya )
·
Mengidentifikasi benda-benda
yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan
4. Matematika
·
Menggunakan alat ukur berat
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan berat benda
5.
Bahasa Indonesia
·
Menyebutkan
kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·
Mendeskripsikan isi puisi
·
Bertanya kepada orang lain
dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·
Mendeklamasikan puisi dengan
ekpresi yang tepat
·
Menyimpulkan
isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·
Menjelaskan
isi puisi anak yang dibaca.
·
Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan
memperhatikan penggunaan huruf capital tanda titik.
6. Seni Budaya Keterampilan.
- Menyanyikan lagu wajib dan anak denagn atau tanpa iringan sederhana.
·
Mementaskan
permainan musik dengan alat musik sederhana di depan penonton
·
Membuat
cat pewarna dari bahan alam.
I. Tujuan
Pembelajaran****:
Siswa
dapat :
·
Melaksanakan kegiatan tugas
secara berkelompok di sekolah .
·
Melaksanakan
/ mengadakan kegiatan bakti sosial di kelas.
·
Menceritakan manfaat hidup
tolong menolong.
·
Menceritakan pengalaman
penting yang menyenangkan di sekolah.
·
Menceritakan
pengalaman yang tidak menyenangkan di sekolah.
·
Mengidentifikasi tempat hidup
hewan
·
Mengidentifikasi tempat hidup
tumbuhan.
·
Mengelompokkan hewan yang hidup
di air.
·
Mengelompokkan hewan yang hidup di darat
·
Mengelompokkan hewan yang hidup
di pohon
- Mengelompokkan hewan yang hidup di dalam tanah
- Mengelompokkan tumbuhan yang hidup di air
- Mengelompokkan tumbuhan yang hidup di darat
- Menyebutkan tumbuhan yang hidup pada tumbuhan lain.
- Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan rumah
·
Menyebutkan
kegunaan benda padat yang ada di sepanjang jalan.
·
Membandingkan
berat dua buah benda dengan istilah lebih berat, lebih ringan, sama berat.
·
Menimbang
benda dengan kedua tangan.
·
Menimbang
benda dengan timbangan dari kayu.
·
Menimbang
benda dengan menggunakan timbangan yang tidak baku
·
Mengukur
berat benda dengan timbangan yang baku
·
Mengukur
berat benda dengan satuan baku.
·
Menaksir berat benda dengan
satuan yang sesuai.
·
Memilih
alat ukur berat yang sesuai dengan benda yang diukur.
·
Menyelesaikan
soal cerita yang berhubungan dengan berat.
·
Mendengarkan teks pendek yang
dibacakan guru.
·
Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek
yang dibacakan guru
·
Menceritakan
kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·
Menjawab pertanyaan tentang isi puisi
·
Menafsirkan isi puis dengan
bahasa sendiri
·
Menjelaskan isi puisi
·
Memperagakan percakapan
·
Menjawab pertanyaan isi
percakapan.
·
Membuat percakapan
·
Mendeklamasikanpuisi dengan
ekpresi yang tepat.
·
Membaca teks dengan bersuara.
·
Mengajukan pertanyaan bacaan,
·
Menceritakan kembali isi
bacaan.
·
Membaca puisi
·
menceritakan isi puisi..
·
Menyususn kalimat menjadi
cerita
·
Menyalin kalimat dengan
menggunakan huruf tegak bersambung.
- Menggunakan huruf capital dalam kalimat.
·
Menyanyikan
lagu dengan syair yang benar.
·
Menyanyikan
lagu wajib dengan iringan alat musik
ritmis.
·
Menampilkan hasil tanggapan
peragaan dinamik
·
Menunjukkan
panjang pendeknya nada-nada pada akhir lagu dengan gerakan.
·
Menunjukkan dengan menyuarakan
bagian melodi secara glissando.
·
Mengatur komposisi / ukuran
bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam.
·
Mendemontrasikan cara pembuatan
cat warna dari bahan alam.
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Hidup
gotong royong.
·
Dokumen
pribadi dan keluarga
·
Peristiwa
penting.
·
Manfaat
dokumen.
·
Bagian
utama tumbuhan dan hewan
·
Sifat
benda
·
Perubahan
wujud benda
·
Alat
ukur panjang tidak baku dan baku.
·
Mendengarkan
teks pendek.
·
Puisi
·
Membaca
bersuara
·
Melengkapi
kalimat.
·
Menulis
pengalaman
·
Menulis
kalimat dengan huruf indah
·
Seni
musik
·
Menyanyikan
lagu
·
Pembuatan
cat.
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/
Motivasi :
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu ke 1
Pertemuan pertama :
3 x 35 menit ( Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
mendengarkan dan menyimak sebuah cerita
F
penjelasan guru tentang membandingkan berat benda
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
mendengarkan dan menyimak sebuah cerita yang dibacakan guru , kemudian
menyalinnya ke dalam stulisan apa yang didengarnya.
F Melalui penjelasan guru tentang membandingkan berat benda dengan istilah lebih
berat, lebih ringan, dan sama berat diharapkan siswa dapat memperagakannya
dengah benar.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit
( Matematika, B. Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyelesaikan soal tentang perbandingan berat benda lebih
ringan lebih berat.
F Setelah menyimak bacaan guru, siswa
menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita.
F Dengan penjelasan guru tentang peristiwa
penting yang pernah dialami seseorang baik itu menyenangkan maupun tidak
menyenangkan, diharapkan siswa dapat menceritakan pengalamannya sendiri yang menyenangkan di sekolah.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan
ke tiga 3 x 35 menit ( Matematika, , B Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat mempraktekkan cara
menimbang benda dengan kedua tangan
F Setelah mendengarkan teks pendek yang
dibacakan guru , siswa dapat menceritakan kembali dengan bahansa sendiri.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit (
B.Indonesia ,PKn , IPA )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui penjelasan guru tentang lingkungan
alam siswa dapat menyebutkan contoh lingkungan alam siswa dapat menyebutkan contoh
l;ingkungan alam seperti : pegunungan, lautan, sungai, dsb.
F Memperagakan pembacaan puisi di depan kelas.
F Menjawab pertanyaan tentang isi puisi yang
dibaca.
F Melalui penjelasan guru tentang
tempat hidup makhluk hidup diharapkan siswa dapat mengidentifikasi tempat hidup
hewan dan tumbuhan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit
(B. Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menyimak ,
menafsirkan, dan menjelasakna isi puisi yang dibacakan oleh teman.
F
Melalui
penjelasan guru, diharapkan siswa dapat memberikan tanggapan positif terhadap
cerita yang disampaikan teman.
F Menjelaskan cara penimbangan dengan
menggunakan dua tangan dan timbangan kayu.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 4 x
35 menit (Matematika , IPS, SBK )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Mengerjaakan
soal yang berhubungan dengan penimbangan.
F
Melalui
penjelasan guru diharapkan siswa dapat menngelompokkan hewan yang hidup di air.
F Melalui contoh yang dinyanyikan guru siswa dapat
menyanyikan lagu dengan syair yang benar serta diiringi alat musik ritmis.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama 3 x 35
menit ( Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan cara
menimbang benda dengan menggunakan timbangan yang tidak baku dan timbangan yang
baku.
F
Mendeklamasikan
puisi dengan ekspresi yang baik dan tepat.
F Melalui penjelasan guru tentang cara menyampaikan maksud bertamu
dengan mengguankan kalimat yang sopan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mempraktekannya delam mengerjakan soal.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit
(, Matematika, B. Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan isi puisi dan menafsirkan isi
puisi dengan bahasa sendiri.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Mempraktekkan
cara menimbang benda mengguankan timbangan tidak baku.
F Melalui penugasan siswa dapat menceritakan
pengalaman penting yang tidak menyenangkan di sekolah.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit
(Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru tentang cara mengukur berat benda diharapkan
siswa dapat mengukur berat benda dengan satuan tak baku kg, ons.
F
Melakukan percakapan dengan teman sebangku.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit
( PKn, B. Indonesia, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan tentang tolong menolong sesama teman
atau sesama manusia yang membutuhkan dengan cara mengadakan bakti sosial.
F Siswa membuat percakapan yangbberisikan pertanyaan
dan jawaban
F
Melalui
penjelasan guru diharapkan
siswa dapat mengelompokkan hewan yang hidup di darat dan di laut/air.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x
35 menit ( B. Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menulis puisi kemudian dideklamasikan di depan kelas
dengan menggunakan tulisan tegak bersambung.
F Setelah mnceritakan pengalaman siswa yang lain
menanggapi baik positif maupun negatif terhadap pengalaman temannya.
F
Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat
mengukur berat benda dengan satuan baku dan diterapkan pada kehidupan
sehari-hari.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 4 x 35 menit ( Matematika, IPA , SBK )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F siswa dapat Menjelaskan berat benda.
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat
mengelompokkan hewan yang hidup di dua alam.
F Mengelompokkan tumbuhan yang yang hidup di darat,
air, tumbuh pada tumbuhan lain.
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat
menampilkan hasil peragaan dinamik .
F
Menunjukkan panjang pendek nada pada akhir lagu.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 3
Pertemuan
pertama 3 x 35 menit ( Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat
menaksir berat benda dengan satuan yang sesuai.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke dua 3 x 35 menit ( IPS, B. Indonesia,
Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Setelah mendengarkan pengalaman teman / cerita pengalaman teman ,
siswa dapat memberikan pesan dan saran untuk teman yang mempunyai cerita yang
tidak menyengankan
F Membaca puisi dengan ekspresi yang tepat .
F Dilanjutkan dengan menceritakan isi puisi.
F
Menjelaskan alat ukur berat yang sesuai dengan benda
yang diukur.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke tiga 3 x 35 menit (Matematika,B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat
menyelesaikan soal mengenai alat ukur berat sesuai dengan benda yang diukur.
F Menyusun kalimat menjadi cerita yang baik dengan
bantuan gambar.
F
Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan
menggunakan tulisan tegak bersambung.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke empat 3 x 35 menit (PKn, B. Indonesia, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan mengadakan kegiatan bakti sosial secara langsung siswa dapat
menceritakan manfaat hidup tolong menolong .
F Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf tegak
bersambung dan tidak lupa huruf kapital pada awal kalimat .
F
Melalui
penjelasan guru diharapkan siswa dapat menyebutkan kegunaan benda padat yang
ada di lingkungan rumah.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat menulis kalimat sederhana yang
didiktekan guru dengan memperhatikan tanda baca.
F
Dengan
penjelasan gurudiharapkan siswa dapat memberikan saran untuk teman yang
mempunyia cerita tidak
menyenangkan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan berat.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 4 x 35 menit (Matematika, IPA, SBK )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat
menyebutkan kegunaan benda padat yang ada disepanjang jalan.
F Melalui penjelasan guru kemudian dipraktekkan
secara langsung untuk mengatur komposisi bahan dan alat pembuatan cat warna
dari bahan alam
F
Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alam.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F
Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan
perbandingan dan berat benda.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
akhir
Dalam
kegiatan akhir, guru:
F
Membuat
kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F
Mengerjakan
post tes
F
Pemberian PR
/ tugas
V. Alat dan
Sumber Belajar
- Buku Sumber :
F
Buku Pengetahuan
sosial SD kelas 2 Penerbit Buku relevan
F
Buku Sains SD
Kelas 2 Penerbit Buku relevan
F
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan kelas 2SD , Penerbit Buku relevanPratama
F
Buku
Pelajaran Matematika SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan.
F
Buku Bina
Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan
F
Buku Saya
Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 2 Penerbit Buku relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan.
·
Alat
Peraga :
F
Alat ukur (
meteran, mistar )
F
Gambar tanaman dan binatang
F
Foto
peristiwa penting, ( menyenangkan, tidak menyenangkan ).
F Bahan cat alami
VI. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1. PKn :
·
Melaksanakan kegiatan tugas
secara berkelompok di sekolah .
·
Melaksanakan
/ mengadakan kegiatan bakti sosial di kelas.
·
Menceritakan manfaat hidup
tolong menolong.
2. IPS :
·
Menceritakan
pengalaman penting yang menyenangkan di sekolah.
·
Menceritakan
pengalaman yang tidak menyenangkan di sekolah.
3. IPA
:
·
Mengidentifikasi tempat hidup
hewan
·
Mengidentifikasi tempat hidup
tumbuhan.
·
Mengelompokkan hewan yang
hidup di air.
·
Mengelompokkan hewan yang
hidup di darat
·
Mengelompokkan hewan yang hidup di pohon
·
Menyebutkan
kegunaan benda padat yang ada di sepanjang jalan.
4.
Matematika :
·
Membandingkan
berat dua buah benda dengan istilah lebih berat, lebih ringan, sama berat.
·
Menimbang
benda dengan kedua tangan.
·
Menimbang
benda dengan timbangan dari kayu.
·
Menimbang
benda dengan menggunakan timbangan yang tidak baku
·
Mengukur
berat benda dengan timbangan yang baku
·
Mengukur
berat benda dengan satuan baku.
·
Menaksir berat benda dengan
satuan yang sesuai.
·
Memilih
alat ukur berat yang sesuai dengan benda yang diukur.
·
Menyelesaikan
soal cerita yang berhubungan dengan berat.
5. Bahasa Indonesia :
·
Mendengarkan teks pendek yang
dibacakan guru.
·
Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek
yang dibacakan guru
·
Menceritakan
kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·
Menjawab pertanyaan tentang isi puisi
·
Menafsirkan isi puis dengan
bahasa sendiri
·
Menjelaskan isi puisi
·
Memperagakan percakapan
·
Menjawab pertanyaan isi
percakapan.
·
Membuat percakapan
·
Mendeklamasikanpuisi dengan
ekpresi yang tepat.
·
Membaca teks dengan bersuara.
·
Mengajukan pertanyaan bacaan,
·
Menceritakan kembali isi
bacaan.
·
Membaca puisi
·
menceritakan isi puisi..
·
Menyususn kalimat menjadi
cerita
·
Menyalin kalimat dengan
menggunakan huruf tegak bersambung.
6 Seni Budaya dan Keterampilan :
·
Menyanyikan
lagu dengan syair yang benar.
·
Menyanyikan
lagu wajib dengan iringan alat musik
ritmis.
·
Menampilkan hasil tanggapan
peragaan dinamik
·
Menunjukkan
panjang pendeknya nada-nada pada akhir lagu dengan gerakan.
·
Menunjukkan dengan
menyuarakan bagian melodi secara glissando.
·
Mengatur komposisi / ukuran
bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam.
·
Mendemontrasikan cara
pembuatan cat warna dari bahan alam.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
1. PKn :
·
Peragakan kegiatan tugas secara berkelompok di sekolah .
·
Peragakan / mengadakan
kegiatan bakti sosial di kelas.
·
Ceritakan manfaat hidup
tolong menolong.
2. IPS :
·
Ceritakan
pengalaman penting yang menyenangkan di sekolah.
·
Ceritakan
pengalaman yang tidak menyenangkan di sekolah.
3. IPA
:
·
Jelaskanlah tempat hidup
hewan
·
Jelaskanlah tempat hidup
tumbuhan.
·
Kelompokkan hewan yang hidup
di air.
·
Kelompokkan hewan yang hidup
di darat
·
Kelompokkan hewan yang hidup di pohon
·
Sebutkan
kegunaan benda padat yang ada di sepanjang jalan.
4.
Matematika :
·
Bandingkan
berat dua buah benda dengan istilah lebih berat, lebih ringan, sama berat.
·
Timbangkanlah
benda dengan kedua tangan.
·
Timbangkanlah
benda dengan timbangan dari kayu.
·
Timbangkanlah
benda dengan menggunakan timbangan yang tidak baku
·
Hukurkanlah
berat benda dengan timbangan yang baku
·
Hukurkanlah
berat benda dengan satuan baku.
·
Naksirkanlah berat benda
dengan satuan yang sesuai.
·
Pilihkanlah
alat ukur berat yang sesuai dengan benda yang diukur.
·
Selesaikan
soal cerita yang berhubungan dengan berat.
5. Bahasa Indonesia :
·
Jelaskanlah teks pendek ?
·
Ceritakan
kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·
Jelaskanlah tentang isi puisi
·
Nafsirkan isi puis dengan
bahasa sendiri
·
Jelaskanlah isi puisi
·
Memperagakan percakapan
·
Buatkanlah percakapan
·
Jelaskanlah puisi dengan ekpresi
yang tepat.
·
Bacakanlah teks dengan
bersuara.
·
Ceritakan kembali isi bacaan.
·
Jelaskanlah tentang puisi
·
Ceritakan isi puisi..
·
Susunkanlah kalimat menjadi
cerita
·
Salinkanlah kalimat dengan
menggunakan huruf tegak bersambung.
6 Seni Budaya dan Keterampilan :
·
Nyanyikanlah
lagu dengan syair yang benar.
·
Nyanyikanlah
lagu wajib dengan iringan alat musik
ritmis.
·
Tampilkan hasil tanggapan
peragaan dinamik
·
Tunjukkan
panjang pendeknya nada-nada pada akhir lagu dengan gerakan.
·
Tunjukkan dengan menyuarakan
bagian melodi secara glissando.
·
Jelaskanlah Cara Mengatur
komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam.
·
Jelaskanlah cara pembuatan
cat warna dari bahan alam.
·
LKS
·
Lmbar
observasi.
|
v Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
NIP/NIK
: -
|
PPAI
Kec.
NIP
|
,………..2011
Guru
Tematik Kelas II
NIP/NIK
: -
|